Sabtu, 16 Juli 2016

Mobil Nasional LCGC



Pengembangan Mobil Nasional. Definisi mobil nasional masih belum jelas sehingga ini berimplikasi pula pada pihak pengembang (manufaktur) maupun oleh pengambil kebijakan (pemerintah) dalam menentukan sikap. Bisa jadi mobil nasional mengacu pada definisi sebuah kendaraan roda empat atau lebih yang dibuat di dalam negeri dengan memakai komponen yang keseluruhannya merupakan hasil dari industri dalam negeri. Dengan demikian tidak ada ketergantungan pada negara asing dalam pengembangan industri ini.
 
Di Indonesia sudah ada mobil kancil dan mobil tawon, serta satu lagi mobil komodo. Mobil-mobil ini bisa dikatakan bentuk usaha dari pengupayaan adanya mobil nasional sebab kebanyakan atau bahkan mungkin sudah seratus persen komponennya merupakan buatan dalam negeri. Hanya saja konsep mobil-mobil tersebut masih sangat sederhana sehingga sangat jauh bila dibandingkan dengan mobil yang saat ini banyak beredar di jalanan.

Mobil nasional merupakan sebuah proyek skala besar dan jangka panjang sehingga sangat mutlak mendapatkan dukungan dari pemerintah. Namun hinga kini dukungan pemerintak terhadap proyek ini dirasa masih setengah setengah sehingga program nya pun seolah dapat dikatakan layu sebelum berkembang. Pihak pemerintah malah lebih mendukung mobil murah dengan merk asing sebagaimana dalam kasus mobil LCGC. Beberapa waktu yang lalu juga sempat didengungkan mobil ESEMKA yang berasal dari kota Solo, namun ini pun seolah berhenti di tengah jalan. ( lihat juga : penerbangan internasional sriwijaya air )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar